Sunday, June 29, 2014

Angkot, antara Subang dan Bogor

Assalamualaikum wr.wb.. 

Subang dan Bogor sama-sama daerah kabupaten, namun Bogor memiliki wilayah kota yang dipimpin oleh walikota sedangkas subang memiliki kota yang dikelola sepenuhnya oleh kabupaten. 

Subang... yup.. kota yang bersahaja ini sangat damai sepertinya. Waktu bisa berjalan lambat di sini. Berbeda dengan bogor yang tiap detiknya begitu berharga, begitu cepat denyut nadinya. 


Yang ingin aku soroti adalah soal angkot, yaelah... semua orang juga udah pasti tau gimana angkot bogor. Tapi siapa yang tau angkot subang? Prilaku supirnya? Panjang trayeknya? Sebagai perbandingan saja, maka aku ambil kota bogor yang telah kurang lebih 3 tahun aku kenal. 

Angkot subang yang baru aku tau hanya angkot dengan trayek berikut ini: 
1. Sadang-kalijati, 
2. kalijati-subang 
3. subang-kalijati-purwadadi 

dan ditambah beberapa bus ¾ yang selalu melintas yang volumenya lebih banyak ketimbang volume angkot. 

Dari subang ke sadang maksimum pukul 8 (kalau tidak bisa nginep di masjid hehe...) dan dari arah sadang ke subang maksimum pukul 10, kalau untuk jalur ini masih banyak juga bus besar yang melintas hingga pukul 10 malam itu. Sekali perjalan maksimum dari awal sampe akhir trayek kita harus mengeluarkan kocek sebesar Rp.5000 baik dengan bus atau angkot. 

 Okeh, kita fokus pada ketiga trayek angkot itu saja ya... kalian tau berapa jarak Sadang hingga kalijati? 25 Km broo... kalo di google map sih katanya bisa ditempuh selama 26 menit. Tentusaja dengan asumsi kemacetan 0%. nonsense lah kawasan insdustri tidak macet. Belum lihat sebesar apa truk-truk yang melintas. Yahh... sebesar Optimus Prime dengat perangkat senjatanya lengkap mungkin dikali puluhan Optimus Prime lainnya. Sungguh harus bersabar. 

Sedangkan kalijati-subang sejauh 26 Km. Hmm bagaimana dengan subang-kalijati-purwadadi? 26+12 Km = 38 Km. Bayangkan mereka harus bolak-balik melalui jalur yang sama? Semua dengan kondisi yang sama. Macet di jam berangkat kerja sekitar pukul 7-9 pagi dan pulang kerja sekitar pukul 5-6 sore. Sisanya.... sepi bung. Bagaimana dengan setoran supir-supir angkot itu? Satu dua penumpang selain di jam sibuk itu tentu tak cukup menutupi biaya operasional mereka terutama BBM. 

 Bayangkan perbedaannya dengan Bogor yang jam sibuknya hampir setiap waktu, dari pukul 5 pagi sampai pukul 10 malam, angkot-angkot pun masih penuh didesaki para penumpangnya. 

 Walau bagaimanapun para supir angkot di Subang sangat aku acungi jempol ketimbang Sopir angkot di Bogor. Bagaimana tidak? Mereka sangat tidak agresif mencari penumpang. Sangat sabar dan ramah. Yang pasti mereka selalu patuh untuk mengantarkan penumpangnya meski dari ujung ke ujung trayek, meskipun hanya satu orang penumpang yang diantar, dengan bayaran selembar uang 5000, sambil sabar mencari penumpang dijalan dengan kecepatan sedang. 

Itu terjadi pada ku, perjalanan dari subang ke kali jati pukul 7 malam. Sudah tak ada orang lagi yang menunggu di tepi jalan yang ingin bepergian dan menyetop angkot. Sudah tak ada. 

Hanya aku dan pak supir bercerita panjang tentang kehidupannya yang begitu sulit, ditemani lagu-lagu dari transmisi radio kota Subang. 

 Aku tak ingin mengomentari bagaimana tabiat angkot bogor yang aku pikir jelas-jelas pemasukan mereka juga lebih besar tentunya ketimbang para supir di Subang ini. Meski aku tak tau pasti berapa setoran yang harus merka bayar. Mungkin lebih tinggi dari para supir angkot di subang. Mungkin karena juga saingan yang begitu banyak juga menyebabkan mereka bersikap dan bertabiat seperti itu? Agresif. 

 Mungkin para supir angkot bogor harusnya lebih banyak bersyukur bila mereka tau betapa pahitnya menjadi supir angkot di kabupaten subang. 

 Wassalam. 
Selamat menunaikan ibadah Shaum Ramadhan. Khusus bagi para supir angkot yang selalu bekerja keras menyambung kehidupan mereka, untuk istri dan anak-anaknya dengan rezeki yang halal. 
Salut for them.. :)

1 comment:

  1. Angkot dari subang- kalijati. Subangnya terminal pegaden bukan mz?

    ReplyDelete