Monday, July 22, 2013

Kaligrafi

Sabtu, 20 Juli 2013, jam setengah sebelas di siang yang mendung, di kampus Dramaga. Aku baru saja menyelesaikan ujian ku dan membalas surat elektronik yang masuk setelahnya. Di jam – jam berikutnya aku belum bisa membayangkan hal apa saja yang akan aku lakukan. Tidak tau mau melakukan apa, akhirnya aku  memutuskan  untuk pergi ke Cikini seorang diri, memenuhi beberapa agenda yang belum sempat terlaksana. Yap... membeli buku di Taman Ismail Marzuki. Haha... Sudah lama memang berniat kesini.

Setelah puas memborong 2 buku epic ini (Jejak Langkah dan Madilog) aku mampir sebentar di gedung galeri di sebelah.

Eh, kebetulan sedang ada pameran Calligraphy Islam II di Galeri Cipta II Taman Ismail Marzuki. Sebagai pecinta seni rupa, tentu saja aku tidak mau melewatkan kesempatan ini.

Kaligrafi adalah suatu bentuk karya seni yang bermain dalam huruf arab dengan polesan sangat Indah, huruf – huruf yang diambil dari Al-Quran, mengandung makna di dalam keindahan rupa yang di ciptakan sang seniman. Ini adalah seni yang sangat mewah dan menakjubkan dalam perkembangan dan penyebaran agama Islam. Kreasi – kreasi yang dapat di buat dari kata – kata dalam Al-Quran sangat tidak terbatas. Kalau biasanya kita hanya melihat tulisan – tulisan pada dinding maupun ornamen – ornamen Mesjid ataupun rumah, maka inilah gambaran seni yang lebih luar biasa lagi:




Tentu tidak semua orang bisa mengetahu dan memahami arti di balik lukisan rangkaian huruf – huruf tersebut. Tapi tentu saja sang pencipta karya seni ini harus memahami dengan benar apa yang di buatnya, harus memahami dengan benar karakter huruf, kata, maupun kalimat dalam Al-Quran. Cukup berbahaya juga bila sang pencipta karya seni ini hanya asal dan mementingkan estetika belaka. Malah esensi dari kaligrafi tersebut tidak dapat di terima bukan?



Baiklah, sekian saja perjalanan ramdom kali ini. Sayang, aku tidak ingat dimana aku simpan kaligrafi – kaligrafi yang kubuat waktu SD dulu. Mungin lain waktu aku bisa coba buat lagi. Siapa tau dipajang ke galeri seperti ini. Haha (ngayal)

22 Juli 13
Baru niat posting sekarang. hehe.

2 comments: