Monday, September 15, 2014

Gondrong

terkadang aneh rasanya ketika orang lain sibuk mengurusi rambut ku...

"potonglah rambutnya.. semak lihatnya"
"itu hutan diatas kepala diurus dulu"
"kamu itu panutan, berilah contoh yang baik"
"gua ga suka lihat rambut ga rapih begitu"
"mau kapan rambutnya di pangkas sal?"
"pangkas sih kak rambutnya, kalo ga dipangkas nanti kami belikan jilbab ya?"

dan banyak lagi komentar serupa, mulai dari yang halus menyindir sampai meringis kesal dan geram, mungkin ingin menjambak atau mencabut rambutku dari akarnya? hehe... ga ngerti lagi..

ya begitulah,
padahal urusan meumbuhkan rambut adalah urusan orang yang memiliki rambut diatas kulit kepalanya, bukan soal orang yang memandangnya. oke... baiklah jika argumennya adalah aturan yang mengikat, aku mengerti tentang aturan-aturan yang berlaku, tapi untuk aturan rrambut harus pendek itu... rada konyol bukan sih?

dari SMP, SMA, selalu aku menjadi buronan jika dihadapkan dengan pemeriksaan rambut. di SMP rambut haruslah pendek, cepak kalau perlu. sedikit saja panjang, pastilah gunting sang guru penegak disiplin mendarat dan menyasar bagian rambut kepala secara asal. sompel lah setiap ada pemeriksaan berkala. santai saja, tinggal dirapihkan, tunggu sebulan udah panjang lagi :p

masa SMA pun tak beda jauh, hanya saja tidak secara berkala dicek. lebih parah lagi, sang guru penegak disiplin selalu membawa gunting rambut di kantong celananya, bahkan ketika istirahat. ya sudah... seringlah aku tertangkap olehnya dan diberikan sompelan asal di rambut ku. tapi mulai SMA aku jadi sedikit lebih penurut. tapi tetap saja, masih terhitung sering di tindak langsung soal rambut ini.

sampai lah aku di masa perkuliahan, ada aturan yang melarang rambut panjang. hanya sekedar ada. tak ada lagi sang guru penegak disiplin itu disini. meskipun ketika ospek rambut harus di pangkas pendek, namun setelah itu akhirnya aku bisa bebas memanjangkan rambutku sesuka hati. memangkasnya kapanpun aku mau. bukan karena orang berkata apa..

"emangnya kenapa kalo rambut ku panjang?"
"malah ada ko yang tidak merasa terganggu dengan rambutku, bahkan suka" :)

Aku tak mau bahas soal persepsi bahwa rambut pendek bagi laki-laki akan terlihat lebih rapi ( ya memang ), sedangkan rambut panjang seperti tak terurus, ribet, tak berbudaya, slang... daahh.. dan lain lain lah. Yaaa itu terserah persepsi masing-masing aja. Rambut panjang bagiku adalah alat untuk menentang persepsi seperti itu.

kalau sudah saatnya dipangkas ya bakal dipangkas... hehe

4 comments: